Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Berapa Yang Bisa Dihemat Jika Kita Punya Aplikasi Kerja Unggulan?

Bisnis di Indonesia mulai bergeliat setelah Pandemi, meski demikian banyak perusahaan yang masih menerapkan kerja dari rumah atau WFH. Nah untuk menopang manajemen, banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi kerja unggulan. Aplikasi yang dimaksud adalah project management tools.

Aplikasi manajemen proyek adalah perangkat manajemen proyek yang dibutuhkan manajer dan tim proyek untuk mengatur pekerjaan mereka. Biasanya tools tersebut berupa software management yang berfungsi mengelola proyek dan tugas yang ada.

Aplikasi tersebut membuat proyek yang mereka tangani lebih terstruktur hingga mencapai tujuan sesuai waktu yang telah ditentukan. Dengan menggunakan aplikasi ini, tim internal dan eksternal dapat berkolaborasi dengan lebih baik. Anggota tim proyek dapat melihat tugas mereka serta mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh tim lain, sehingga menghindari adanya tumpang tindih pada tugas antar departemen.

Sayangnya banyak aplikasi kerja ini yang tidak efektif dalam artian banyak fitur-fitur yang dimanfaatkan terbatas pada satu spesifikasi. Misalnya fokus pada manajemen, tracking, komunikasi, atau video. Belum ada aplikasi yang merangkum seluruh kebutuhan kerja sebuah perusahaan secara total.

Walau banyak memberikan kemudahan tapi berbagai app ini juga tidak murah. Asana misalnya, adalah sebuah tool untuk manajemen proyek untuk tim dan individual yang sederhana dan intuitif. Membutuhkan pembiayaan $30 atau Rp430.000 per orang. Artinya jika perusahaan itu memiliki 100 orang, maka besaran biaya yang dibutuhkan bisa $3000. Ini belum layanan aplikasi lain yang dibutuhkan untuk bekerja bersama team.

Biasanya perusahaan butuh layanan komunikasi agar bisa bekerja efektif. Banyak perusahaan yang menggunakan Zoom untuk berkomunikasi. Dilansir dari Kompas, berlangganan Zoom per bulan adalah mulai 15 dollar AS, atau sekitar Rp 222.000 (kurs rupiah saat berita ini ditulis). Apabila dikenai pajak 10 persen, tagihan yang harus dibayarkan menjadi sekitar Rp 244.000.

Ada pula Zoho project yang membantu pemilik bisnis melacak tugas dan melaporkan perkembangan proyek. Perangkat ini memiliki fitur yang berfungsi sebagai media komunikasi real time. Selain itu juga memungkinkan untuk membagi dokumen antar tim dan pelanggan. Harga yang harus dibayar untuk bisa memanfaatkan aplikasi ini mencapai $45 per orang perbulan. Terbayang bukan berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan jika ingin memanfaatkan segala fitur aplikasi ini?

Aplikasi kerja penting untuk membantu perusahaan berkembang lebih baik. Sayangnya kemampuan serta cara menyelesaikan sebuah proyek dapat berbeda satu sama lain, oleh karenanya dibutuhkan sebuah standardisasi yang harus diikuti oleh setiap anggota tim dalam menyelesaikan tugasnya masing-masing.

Project management tools membuat setiap anggota bekerja dengan cara yang sama, yang secara langsung berkontribusi untuk menunjukkan profesionalisme dan konsistensi kerja suatu tim bisnis. Lalu apakah ada aplikasi yang bisa menunjang semua kebutuhan tim? Mulai dari project management, task manager, hingga komunikasi? Tunggu saja gebrakan Refactory bersama SEV-2.

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2022 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.