Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Alasan Mengapa Kita Perlu Pake Linux (Bagian Kedua)

Sebelumnya kita sudah mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang membuat Linux lebih baik daripada operating sistem yang lain untuk media belajar. Berikutnya kita akan membahas hal lain yang membuat Linux istimewa sebagai OS.

  1. Memiliki Banyak Fitur Unggulan

Linux merupakan OS yang sangat stabil dan andal untuk digunakan pemula. Oleh karena itu banyak pengguna merasa sangat jarang terjadi gangguan pada Linux. Sekalipun ada aplikasi macet, di linux tidak sampai mengunci seluruh sistem saat bekerja, hal seperti kerap kali ditemukan di Windows

Lebih dari itu Kita bisa memanfaatkan fitur konsol virtual (atau terminal) dan menutup aplikasi yang bermasalah dari baris perintah. Setelah menutup aplikasi yang macet, kita bisa menggunakan kembali komputer dengan lancar tanpa perlu mematikannya. Ini tidak dapat dilakukan di Windows. Bahkan dengan kemampuan itu, aplikasi di Linux sangat solid dan jarang macet.

  1. Mudah Digunakan

Berlawanan dengan kepercayaan umum bahwa Linux hanya untuk Geeks, saat ini sudah terbukti jika Linux menjadi user-friendly dan memiliki graphical user interface (GUI) yang baik. Linux memiliki hampir semua fungsi yang dimiliki Windows. GUI telah berkembang sedemikian rupa sehingga sebagian besar dari apa yang diinginkan pengguna biasa dapat dilakukan di Linux, semudah dilakukan di Windows, tanpa mengetahui perintah apa pun.

Kamu dapat menginstal Wine (Windows Emulator), yang dengannya Anda dapat menjalankan aplikasi tersebut di sistem Linux. Meskipun ada persepsi bahwa Linux tidak ramah gamer, beberapa game sekarang tersedia di Linux. Bahkan jika game tertentu tidak tersedia di Linux, Anda dapat menginstal PlayOnLinux untuk menjalankan game Windows.

  1. Kemudahan Modifikasi

Pengguna Linux memiliki fleksibilitas luar biasa dalam menyesuaikan sistem sesuai kebutuhan mereka. Ada banyak pilihan untuk wallpaper, ikon desktop, dan panel. Ada lebih dari setengah lusin lingkungan desktop yang dapat dipilih, seperti GNOME, KDE, dll. Untuk tugas apa pun, langsung dari antarmuka GUI dan pengelola file, hingga pembakar DVD dan browser, sekitar empat hingga enam opsi tersedia untuk setiap perangkat lunak tertentu. Versi Linux dari browser paling populer tersedia.

Filosofi Linux didasarkan pada penggunaan beberapa program kecil, yang masing-masing melakukan satu tugas dengan sangat baik. Tetapi program-program ini dapat digabungkan untuk menulis program dan utilitas yang sangat kuat. OS Linux menawarkan antarmuka baris perintah dengan beberapa shell untuk dipilih. Administrator sistem dapat menikmati antarmuka baris perintah yang kuat dan menulis skrip shell untuk mengotomatiskan pemeliharaan rutin dan berbagai tugas lainnya.

  1. Sarana Pendidikan Terbaik

Linux bisa menjadi OS pendidikan yang baik untuk sekolah dan perguruan tinggi karena perangkat lunak gratis tersedia untuk membantu dalam pengajaran. Perangkat lunak berpemilik untuk komputasi, seperti MATLAB, sangat mahal. Ada alternatif yang tersedia untuk itu seperti Scilab dan GNU Octave. Perangkat lunak Linux tersedia di banyak bidang— Celestia dan Stellarium untuk astronomi, Avogadro dan Gabedit untuk kimia, EMBOSS dan TreeView X untuk biologi; dan ROOT, Octopus dan Step untuk fisika.

Jadi tunggu apalagi? Ayo belajar dan jadi programmer yang bisa mempengaruhi perubahan lebih baik di dunia.

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2022 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.