Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Cara Intensive Pairing Membuat Pemrograman Jadi Menyenangkan

Banyak orang yang menyerah sebelum memulai belajar pemrograman. Padahal seperti juga mata pelajaran yang lain, pemrograman bisa menyenangkan atau membosankan seperti matematika, sejarah, fisika, kimia, atau bidang apa pun.

Intinya adalah, pemrograman tidak membosankan jika kita tahu cara untuk bersenang-senang saat mempelajarinya. Ini mengapa kami di Refactory menyarankan kalian untuk jangan menyerah begitu saja. Pemrograman mungkin tidak gampang, tetapi kita selalu bisa membuatnya menyenangkan, bukan?

Pemrograman tidak diragukan lagi bisa membuka jalan menuju kesuksesan yang hampir tak terbatas. Kamu bisa memulai karir hari ini dan mencoba untuk memperbaiki kualitas hidup yang ada. Pemrograman adalah cara kita untuk berdaya, dan kami di Refactory percaya, jika pemrograman akan membuatmu sukses.

Di Intensive Pairing kami mengajarkan bahwa pemrograman tidak harus jadi hal yang seram. Kami percaya bahwa bekerja adalah bagian dari hidup, aktualisasi diri, dan upaya untuk membuat hidup lebih bermakna. Ini mengapa, ketimbang menjadikan menulis koding jadi sesuatu yang merepotkan, kami membuat pemrograman sebagai bentuk pengejawantahan diri. Karya yang bisa dibanggakan.

Lalu apa saja nih strategi yang bisa kita gunakan agar pemrograman jadi asik dan proses belajarnya menyenangkan?

  1. Belajar Fundamental Yang Jelas.

Sebelum memulai pemrograman, kamu bisa membayangkan coding sebagai sebuah game. Tapi pastikan untuk memiliki pemahaman yang baik tentang bahasa pemrograman yang ingin pelajari. Pelajari semua sintaks dasar, tulis beberapa program tingkat pemula dan lakukan semua yang diperlukan untuk membangun fondasi yang kuat. Setelah memiliki dasar-dasar yang jelas, manfaatkan pengetahuan itu untuk membangun program yang luar biasa dan biarkan kreativitasmu mengambil alih proses belajarnya.

  1. Jangan Hanya Belajar, Bermainlah

Tip ini mungkin tampak bertentangan dengan yang pertama tetapi yakinlah karena itu tidak ada hubungannya dengan dasar pemrograman. Ini adalah tip yang akan didapat dari sebagian besar veteran pemrograman. Jika kamu menganggap pemrograman sebagai mata pelajaran lain yang harus dipelajari, kamu akan mudah bosan dan lelah. Sebaliknya, jika pemrograman dibuat sebagai proyek senang-senang, kemungkinan berhasil akan meningkat. Pemrograman bersifat fleksibel. Jangan mencoba menjadi kaku dan mengikuti teknik tertentu. Belajarlah untuk memanfaatkan fleksibilitasnya dan bisa menjadi programmer yang luar biasa tanpa bosan.

  1. Mencari Mentor

Bantuan dari Mentor akan membuat kamu fokus. Bekerja sendiri tidak selalu menemukan jawaban yang tepat untuk pertanyaan yang ada dan kamu bisa sangat frustasi. Memiliki orang yang berpengalaman di dekat kita selalu sangat membantu. Beberapa cara mentor dapat membantu Anda menikmati coding adalah: Memberi panduan alih-alih seluruh solusi sehingga dapat menghilangkan hambatan sendiri. Mengajari memprogram praktik terbaik yang hanya diketahui oleh para veteran. Memberi proyek untuk menguji keterampilan yang ada.

  1. Bersedia Mengambil Jeda

Ya. Meski belajar itu proses penting, tapi kita perlu istirahat untuk menghindari kelelahan. kamu mungkin diarahkan untuk belajar memprogram secepat mungkin dan dapat dimengerti. Tapi ingat, istirahat itu penting. Mengambil istirahat memungkinkan kita untuk memiliki melakukan refleksi diri. Dalam banyak kasus, memberi perspektif baru untuk mendekati suatu masalah. Ada banyak manfaat istirahat yang bisa ditemukan di internet, tetapi semuanya mengajarkan hal yang sama: istirahat lebih produktif daripada bekerja tanpa henti.

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2022 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.