Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

1000 Jam Pertama Ngoding, Apa Yang Akan Dihadapi?

Ketika memutuskan untuk belajar coding secara formal di institusi pendidikan seperti Universitas, kamu akan mendapatkan bahan pembelajaran yang tampaknya tak ada habisnya. Kamu juga akan dibantu untuk memilih tentang apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Berbeda dengan universitas, jika kamu mengambil bootcamp, pilihannya akan sangat terbatas.

Di sebuah bootcamp mungkin meminta untuk mempelajari HTML atau JavaScript terlebih dahulu karena bahasa pemrograman ini sudah sangat umum digunakan. Di bootcamp lain mereka akan memintamu untuk memilih bahasa pemrograman yang sedang populer karena itu yang banyak dicari. Sementara di tempat lain mungkin akan memintamu untuk fokus memikirkan proyek pemrograman pertama untuk melatih keterampilan bahasa pemrograman.

Ada banyak sekali buku dan program di Indonesia yang mengaku memiliki cara cepat dan mudah belajar pemrograman. Meski demikian kami meyakinkan, bahwa tak ada jalan yang mudah apalagi instan, sebagai pemula dalam bidang pemrograman, konsistensi, kerja keras, dan upaya belajar tanpa henti bisa membuatmu sukses.

Di Indonesia kita bisa melihat ada banyak bootcamp pemrograman. Masing-masing dari mereka menawarkan hal yang menarik, mulai jaminan bekerja, sistem terpadu, kurikulum bonafid, hingga jaringan alumni. Semua nasihat yang bermaksud baik ini dapat membuat belajar pemrograman jadi hal yang instan. Jika salah, kita akan terjebak pada lekas bekerja daripada lekas mengerti.

Dalam program Intensive pairing, kami meyakinkan para peserta dalam tiga bulan mereka bisa jadi programmer profesional. Nah di 1000 jam pertama kamu mungkin merasa bahwa segala tugas yang diberikan terasa berat. Tapi jika kamu punya rekan, tujuan, dan project untuk dikerjakan, kamu akan tahu tujuanmu.

1000 Jam Pertama: Eksplorasi Semua

Hal pertama yang perlu dikuasai jika ingin belajar coding adalah memahami bahwa karir ini berfokus pada dua hal, latihan dan terus latihan. Selain itu, untuk mengetahui apa yang ingin dilakukan, kamu harus membiasakan diri dengan berbagai jenis bahasa pemrograman. Melakukan hal-hal ini akan memungkinkanmu menemukan apa yang paling sesuai dengan minat. Jika bisa kamu harus mencintai apa yang kamu kerjakan. Tidak ada gunanya memaksa diri untuk mempelajari sesuatu yang tidak disukai.

Banyak orang belajar pemrograman merasakan kesulitan atau mempersulit diri mereka sendiri karena mereka tidak memperhatikan tujuan jangka panjang. Apa yang ingin dilakukan dapat membantu memutuskan apakah perlu mempelajari? Apakah HTML atau MongoDB, Frontend atau Backend, semakin banyak hal yang dipelajari, semakin banyak kemungkinan karir dan membantu kita agar lebih baik dalam mengembangkan diri.

Di program Intensive Pairing, para peserta diberikan kurikulum yang padat untuk fokus pada pembelajaran. Semua stack, semua framework, sebanyak mungkin langsung mengerjakan proyek yang ada. Tujuannya agar mereka bisa mengenali potensi diri, juga belajar untuk mempraktikkan hal yang dipelajari secara langsung melalui proyek dan program ini didesain untuk mendorong rasa aktif peserta secara maksimal. Membaca dokumentasi, mencari via youtube/stackoverflow, kemudian jika memang terhalang bisa meminta bantuan pairing. Pemrograman adalah usaha untuk menulis coding dengan baik. Semakin baik code yang dibuat mak program yang dibuat akan lebih efektif. Pentingnya melakukan eksplorasi bagi pemula adalah untuk menambah pengetahuan dan cara terbaik untuk menuliskan kode. Eksplorasi pada 1000 jam pertama akan mengajarkan best practice, bahasa pemrograman mana yang paling baik sehingga sebagai programmer bisa mengerjakan tugas dari klien dengan lebih baik.

1000 Jam Kedua: Latihan dan Fokus

Belajar coding bisa sangat melelahkan jika tidak punya roadmap yang jelas, tujuan yang fokus, dan dilakukan sendiri.Meski demikian, hal ini bisa dibuat mengasyikkan lho. Setidaknya di program Intensive Pairing kamu tidak akan sendiri. Setiap tugas atau tiket yang diberikan adalah problem yang harus dipecahkan. Saat semakin mahir, kamu akan menjadi lebih baik. Jangan takut untuk membuat kesalahan. Jangan takut untuk meminta bantuan juga.

Latihan menulis kode tak hanya bisa dilakukan saat bekerja. Kalian juga bisa ikut berkontribusi di komunitas open source. Dengan memulai karir sedini mungkin dan berkontribusi sebanyak mungkin, nama dan reputasi kalian akan berkembang. Fokuslah pada stack atau isu yang kalian sukai, Refactory mendorong para pekerjanya untuk berbagi ilmu dan aktif dalam komunitas open source. Selain bisa menyumbang untuk peradaban, hal ini bisa jadi latihan yang baik untuk karir di dunia internasional nantinya.

Fokus didapat dari semakin banyak jam terbang dan disiplin kerja yang dilakukan oleh seseorang. Dalam konteks pemrograman semakin sering seseorang latihan, semakin sering ia berkontribusi dalam project, maka pengalaman dan keterampilannya akan lebih terasah. 1000 jam kedua adalah bagaimana mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh, tidak hanya itu mereka juga akan mengembangkan pemahaman dan bukan sekedar tahu atau bisa.

Ada banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan di Refactory. Mulai dari buku-buku terkait pemrograman atau bahkan senior manager/tech lead yang memiliki reputasi sangat panjang dalam karirnya. Ada juga rekan sesama peserta program Intensive Pairing yang bisa kamu ajak diskusi. Mereka adalah orang yang bersedia membantumu tanpa harus kebingungan mencari kemana. Hubungi forum diskusi online atau ke teman di kantor.

Seorang dokter menghabiskan sekitar 70+ jam seminggu untuk bekerja, belajar, dan melakukan tindakan operasi di setiap spesialisasi yang mereka ambil. Hari-hari dokter ini dihabiskan untuk melihat pasien di klinik atau bangsal rawat inap, melakukan prosedur kecil, seperti vasektomi di klinik rawat jalan, mengobati batu ginjal dengan laser dan bedah di ruang operasi, atau melakukan penelitian dengan pasien baru. Ini yang membuat mereka menjadi spesialis.

Seorang programmer harus terus menerus beradaptasi, belajar mengembangkan keterampilan mereka, dan menemukan cara terbaik untuk menulis program. 1000 jam adalah waktu yang singkat, jika kamu fokus, berdedikasi, dan mencintai apa yang kamu lakukan, proses itu akan membawamu pada tingkat yang lebih tinggi, jauh daripada mereka yang bekerja hanya untuk memperoleh gaji atau uang belaka.

Akhirnya, nikmatilah menemukan semua yang ditawarkan dari program Intensive Pairing dan kembangkan karir kalian dalam dunia coding.

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2022 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.