Tulisan Terbaru

Wawasan baru maupun tips

Beberapa Tips untuk Membantu Belajar Pemrograman Lebih Efektif

Di Refactory kami percaya dengan metode pembelajaran yang dilakukan sejak Bootcamp di Bandung hingga Intensive Pairing di Yogyakarta. Meski demikian kami selalu terbuka dengan pengetahuan baru. Maksudnya terlepas dari mana kita belajar pengetahuan yang ada akan terus tumbuh dan hal baru akan terus hadir. Nah untuk itu kadang kita juga butuh cara agar bisa membantu Anda mempelajari cara menjadi pemrogram komputer dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Perlu diingat bahwa setiap tips yang ada di Internet difokuskan untuk mendorong upaya belajar mandiri. Tidak ada cara jitu belajar pemrograman yang dilalui dengan instan. Semua butuh proses dan berbeda antara satu dengan yang lain. Tetapi dengan pengalaman selama lima tahun terakhir kami di Refactory percaya ada beberapa hal yang pakem dan perlu dilakukan agar bisa belajar pemrograman lebih baik.

  1. Fokus pada Fundamental

Beberapa orang berpikir bahwa kita tidak perlu belajar dasar-dasar pemrograman. Ini kurang tepat. Di bidang apa pun, memahami dasar-dasar pengetahuan dengan baik sangat penting untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Informasi yang dipelajari di awal pendidikan pemrograman atau bootcamp pengkodean akan memungkinkan kita untuk memahami logika topik yang lebih rumit lebih jauh. Jika tidak mempelajari pemrograman komputer dasar, kita bisa ketinggalan di masa depan. Jadi, bahkan jika dasar-dasarnya tampak membosankan atau tidak penting pada awalnya, kita perlu menyadari betapa pentingnya mempelajarinya.

  1. Belajar Meminta Bantuan

Mengetahui kapan harus meminta bantuan adalah keterampilan yang diperlukan sepanjang hayat, bukan hanya dalam coding. Faktanya kita tidak akan tahu segalanya, terutama ketika baru memulai. Cara tercepat dan termudah untuk mendapatkan keterampilan adalah terus belajar dan bertanya jika tidak tahu. Setelah mencoba mencari tahu jawaban atas pertanyaan sendiri, pastikan untuk bertanya kepada orang lain. Berbicara dengan mentor atau dalam Refactory, bersama Pairing dan mendengarkan apa yang mereka katakan sangat penting ketika belajar menjadi pemrogram komputer.

  1. Lakukan Lebih Dari Sekedar Dummy Project

Di Refactory, peserta Intensive Pairing akan mengerjakan real project. Saat mengerjakan tugas dari klien, kita tidak hanya membacanya tapi ketika benar-benar ingin menjadi programmer, kita harus mengambil langkah lebih jauh. Peserta IP harus benar-benar menjalankan kode dan mengotak-atiknya untuk mengetahui cara kerjanya. Ini adalah cara yang jauh lebih efektif untuk belajar daripada sekadar membaca kode. Ingat, bisa membaca kode tidak sama dengan memahaminya. Untuk memulai karir pemrograman yang sukses, kita perlu menumbuhkan tingkat pemahaman yang mendalam, dan mengerjakan real project adalah cara yang bagus untuk melakukannya.

Mengapa banyak anak Intensive Pairing seperti gemar belajar? Karena proses belajar di Refactory adalah momen yang menyenangkan. Setiap orang baik Engineer Manager atau Pairing, sangat mudah berbagi ilmu. Meski demikian transfer ilmu tidak harus kaku seperti guru dan murid, tapi bahkan bisa dilakukan sambil main tenis meja, main game di ponsel, atau bahkan duduk bersama saat makan siang.

Mempelajari cara membuat kode memang mengasyikkan dan bahkan sedikit menakutkan pada awalnya. Tetapi ketika memilih bootcamp atau program pendidikan yang tepat dan menerapkan kiat-kiat ini, kita akan mendapatkan semua informasi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai karier pemrograman yang baik.

Refactory

Refactory adalah pengaktif teknologi digital di Indonesia. Sejak didirikan pada 2015 di Surabaya dan membuka Bootcamp kelas pertama pada 2017 di Bandung, Refactory telah berkembang melebihi Bootcamp dengan menambah berbagai solusi untuk memberdayakan anak-anak muda Indonesia melalui pemrograman, serta membantu perusahaan di tingkat nasional maupun mancanegara untuk merealisasikan potensi mereka.

Kantor Utama di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 9,8 Sleman, DI Yogyakarta 55581 - Indonesia

© 2017-2022 PT. BIXBOX TEKNOLOGI PERKASA. All rights reserved.